Bahas Optimalisasi Perpajakan dan Penganggaran melalui Dana Hibah, Setjen Gelar PAC Meeting ke-9

16/06/2017 15:38:29

Memasuki pekan ketiga Bulan Ramadhan 1438 H, Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan melalui Public Financial Management Multi Donor Trust Fund (PFM-MDTF) menggelar 9th Annual Policy Advisory Committee (PAC) Meeting pada hari Jumat, 16 Juni 2016 di Ruang Rapat Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Gedung Djuanda I Lantai 4 Jakarta Pusat. Tujuan diselenggarakannya PAC Meeting adalah Mereviu, memberi masukan, dan meng-endorse dokumen Medium Term Strategy Note (MTSN) untuk PFM-MDTF, yang dilakukan update setiap tahun; Memberikan arahan strategis yang sesuai dengan prioritas Pemerintah Republik Indonesia dan tujuan dari Trust Fund; Mereviu perkembangan dan capaian kinerja PFM-MDTF; dan Meningkatkan koordinasi dengan pihak donor.

MTSN merupakan dokumen perencanaan yang menggambarkan sasaran, tujuan, indikator kinerja, dan kegiatan yang akan didukung oleh PFM-MDTF tahap II. MTSN disusun berdasarkan masukkan dari Instansi penerima manfaat, Bank Dunia, dan para Donor dengan mempertimbangkan prioritas Pemerintah Republik Indonesia sesuai dengan arahan dari Presiden, Menteri, serta para Pejabat Eselon I.

PAC Meeting ke-9 kali ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Jenderal Hadiyanto. Hadiyanto mengungkapkan ucapan terima kasih atas terselenggaranya rapat yang sangat penting ini. "Saya berharap kerjasama antara Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Keuangan bersama Pihak World Bank dan Pihak Donor tetap berjalan baik ke depan", ujar Hadiyanto. Hadiyanto menyampaikan agenda yang akan dibahas diantaranya:

  1. Melakukan pengalokasian sisa sumber dana (USD 3.999.101) kedalam empat prioritas utama sebagaimana disampaikan oleh Menteri Keuangan, yaitu: Administrasi Pajak; Efisiensi Anggaran; Transfer Fiskal; dan Mendukung Sekretariat Jenderal untuk mengelola Reformasi PFM secara strategis di seluruh Kementerian.
  2. Meminta perpanjangan waktu satu tahun tanpa tambahan biaya (no-cost extension) kepada Trust Fund untuk menyelesaikan kegiatan yang telah disetujui dan kegiatan baru (setelah empat prioritas disahkan) yang akan dilaksanakan.
  3. Mengkonfirmasi komitmen tambahan dari pihak donor PFM untuk Trust Fund tahap berikutnya.

Yvonne Baumann, Ambassador of Switzerland Embassy dalam keterangannya mengungkapkan rasa senang dan berterima kasih sekali karena telah menyelenggarakan rapat yang sangat penting ini. Ungkapan itu dia sampaikan dalam bahasa Indonesia dan diikuti gelak tawa oleh seluruh peserta rapat sehingga menambah akrab suasana rapat.


Echelon I Ministry of Finance