Publikasi Dokumen Stakeholder Engagement Plan (SEP) dan Environment and Social Commitment Plan (ESCP)

27/02/2021 22:51:29

Program Public Financial Management Multi Donor Trust Fund (PFM MDTF) merupakan Program berkelanjutan yang telah berlangsung sejak Tahun 2007 dengan dukungan dari beberapa negara donor seperti Uni Eropa, Belanda, Swiss dan Amerika yang ikut berpartisipasi dalam Program PFM MDTF I. PFM MDTF II yang berakhir pada tanggal 24 Februari 2020 telah memberikan manfaat yang signifikan dalam aspek Public Financial Management (PFM) di Indonesia. Dukungan dari para donor dan Bank Dunia telah memberikan manfaat yang kemudian dirasa perlu untuk tetap dilanjutkan demi kemajuan Indonesia.  

          Saat ini Program PFM MDTF akan memasuki Tahap III dengan rencana program selama 5 (lima) tahun sampai dengan 31 Desember 2025. PFM MDTF III mendapat dukungan dari negara Donor yaitu Kanada, Swiss dan Uni Eropa dan menitikberatkan pada tujuan untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan pendapatan dan kualitas belanja, baik di tingkat Pusat maupun di daerah dengan peningkatan kinerja dalam pengelolaan pendapatan dan belanja negara, termasuk penggunaan teknologi informasi.

          Sebagai bagian dari proses penerbitan Grant Agreement (GA) antara Pemerintah Indonesia dengan Bank Dunia sebagai administrator dalam kegiatan PFM MDTF, Kementerian Keuangan mewakili para Project Implementation Unit (PIU) atau Pelaksana Kegiatan dari berbagai Kementerian/Lembaga seperti Kementerian PPN/BAPPENAS, Kementerian Dalam Negeri dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dengan ini mempublikasikan dokumen Stakeholder Engagement Plan (SEP) dan Environment and Social Commitment Plan (ESCP).

          Besar harapan bagi Pemerintah Indonesia agar Program PFM MDTF III berjalan dengan lancar seperti halnya dua tahap sebelumnya.

Download SEP & ESCP


Echelon I Ministry of Finance